Pengertian Majas Ironi Dan Contohnya

Pengertian Majas Ironi dan Contohnya – Tahukah kau apa majas ironi itu? Majas ironi ialah salah satu majas yang kita jumpai dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pada sebuah karya sastra, majas ironi sering dipakai untuk memperkaya gaya bahasa supaya menjadi lebih indah. Setiap majas memiliki ciri-ciri yang membedakan antara majas satu dengan yang lainnya. Pembeda setiap majas inilah yang dipakai untuk mengenali/ mengidentifikasi majas tersebut.

Majas ironi ini pastinya memiliki perbedaan dengan majas yang lain ibarat penyampaian makna pada ketika diterapkan dalam kalimat dan juga dalam hal pemilihan kata. Untuk itu dalam blog membahas secara rinci perihal majas ironi, supaya anda sanggup mengenali majas ironi dengan baik. Dalam pembahasan ini tidak hanya kami bahas pengertian majas ironi secara rinci saja tetapi ada juga pola majas ironi sebagai pelengakap pemahaman anda.

Pengertian Majas Ironi Dan Contohnya
Majas Ironi


Pengertian Majas Ironi

Kata Ironi berasal dari kata dalam bahasa Yunani "eironeia" yang artinya “berpura-pura tidak mengerti”. Majas ironi ialah majas yang menyatakan sesuatu dengan makna yang berlawanan (memberikan sindiran). Majas ironi dalam menyatakan sesuatu menyatakan kebalikan dari maksud yang sebenaranya terjadi. Bisa juga dikatakan bila majas ironi itu sifatnya menutup-nutupi dan menyembunyikan. 

Karena menyembunyikan makna bergotong-royong maka majas ironi sanggup juga disebut sebagai praktik kepura-puraan. Makna yang dimaksudkan dalam majas ironi bertentangan dengan apa yang diucapkan/ dikatakan. Ironi sifatnya halus namun sanggup juga menawarkan pernyataan makna yang kasar. Pengelompokan Majas ironi ini dikelompokkan dalam majas sindiran atau pertentangan.

Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu majas?


Contoh Majas Ironi

Supaya anda lebih memahami apa itu majas ironi, di bawah ini kami berikan beberapa contoh majas ironi yang sanggup menambah pembahaman anda, silahkan diperhatikan:

Contoh Majas Ironi 1
"Enak sekali kuliner yang kau buat ini, rasanya pedas dan asin sekali"
Kalimat tersebut bertentangan pada kata lezat sekali dengan kata pedas dan asin sekali, sehingga disebut dengan majas ironi.

Contoh Majas Ironi 2
"kelakuanmu begitu baiknya sampai-sampai orang tuamu menagis alasannya ialah ulahmu"
Kalimat tersebut menyatakan makna sindiran yang bertentangan, sehingga disebut majas ironi.

Contoh Majas Ironi 3
"Bagusnya tulisanmu sampai-sampai saya tidak sanggup membaca"
Contoh kalimat tersebut merupakan sindiran sehingga disebut majas ironi.

Contoh Majas Ironi 4
"Kamu tiba ke sini cepat sekali sehingga para tamu permintaan sudah pulang"
Kalimat tersebut termasuk majas ironi alasannya ialah pada kalimat tersebut memiliki maksud sindiran.

Baca juga Artikel: Pengertian Majas Simile dan Contohnya

Itulah klarifikasi yang sanggup kami jelaskan perihal Pengertian Majas Ironi dan Contohnya, biar sanggup menambah pengetahuan anda.

0 Response to "Pengertian Majas Ironi Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel