Pengertian Majas Alegori Beserta Contohnya

Pengertian Majas Alegori Beserta Contohnya - Dalam kesempatan ini kami akan menguraikan pelajaran majas yaitu majas alegori. Pada kesempatan sebelumnya blog ex ready juga pernah mambahas tentang majas metafora.

Seperti teman-teman ketahui bahwa majas alegori sama seperti majas pada umumnya, majas alegori juga banyak dipakai dalam menciptakan suatu karya sastra. Supaya bisa memakai majas alegori dengan benar, pastinya diharapkan pemahaman yang baik mengenai majas alegori. Hal tersebut sangat dibutuhkan, sebab tiap majas mempunyai ciri-ciri tersendiri yang sanggup membedakan antara majas satu dengan majas yang lainnya. 

Untuk itu dalam blog ini kami akan menguraikan secara rinci ihwal majas alegori. Pembahasan ihwal majas alegori ini kami bagi menjadi 2 belahan yaitu ihwal pengertian majas alegori dan juga contoh majas alegori.


Pengertian Majas Alegori Beserta Contohnya
Majas Alegori



Pengertian Majas Alegori

Asal mula kata Alegori berasal dari kata allegorein (bahasa  Yunani) yang secara harfiah artinya “ungkapan yang sebalinya”. Secara umum pengertian alegori yaitu bicara mengenai sesuatu hal namun artinya ialah hal yang lainnya. Majas alegori yaitu uraian secara rinci mengenai suatu pokok, yang dituliskan sedemikian rupa seperti menceritakan suatu hal yang tidak ada kaitannya/ berlainan, namun bergotong-royong ada kaitannya. 

Alegori merupakan sebuah gaya bahasa perbandingan dalam kesatuan yang utuh, yang berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Majas alegori ialah majas perbandingan yang memperlihatkan satu perbandingan yang utuh, perbandingan yang dipakai membentuk kesatuan menyeluruh. Selain itu majas alegori juga bisa diartikan sebuah majas yang menyatakan memakai cara lain.

Majas alegori bisa juga disebut sebagai sebuah metafora yang dilanjutkan. Untuk itu dalam memahami majas alegori perlu dipahami dari seluruh teks. Salah satu rujukan majas alegori yaitu kisah fable, selain kisah fable juga sering dijumpai dalam puisi-puisi.



Contoh Majas Alegori

Supaya lebih memahami ihwal majas alegori, silahkan perhatikan beberapa contoh majas alegori berikut ini:

Contoh Majas Alegori 1
Belajar saat masih kecil bagaikan mengukir di atas watu yang bisa jadi karya seni yang indah. Belajar saat sudah renta bagaikan mengukir di atas air yang tidak mungkin akan memperoleh hasil. Di waktu masih muda ialah kesempatan berguru yang baik., apabila sudah renta kemampuan untuk berguru akan semakin berkurang dikarenakan faktor usia.

Contoh Majas Alegori 2
Lidah insan itu bagaikan pisau yang tajam. Pisau itu akan gampang melukai dan menyakiti yang ada di sekitarnya apabila tidak dijaga dengan baik. Tetapi sanggup jadi pelindung yang berpengaruh dan senjata ampuh apabila dipergunakan dengan tepat.

Demikian apa yang sanggup kami jelaskan ihwal Pengertian Majas Alegori Beserta Contohnya, biar apa yang kami jelaskan tersebut sanggup memperlihatkan manfaat.

0 Response to "Pengertian Majas Alegori Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel