Pengertian Majas Simile Dan Contohnya

Pengertian Majas Simile dan Contohnya – Ketika sekolah dalam pelajaran bahasa Indonesia tentunya kita pernah mendapat bahan perihal majas. Terdapat banyak majas yang diajarkan kepada kita salah satunya yaitu majas simile. 

Walaupun demikian pastinya diantara kita ada yang kurang memahami atau malahan belum memahami perihal apa itu majas simile. Majas itu jenisnya ada banyak maka kita perlu memahami pengertian dan ciri-ciri majas simile untuk mengidentifikasi atau mengenali majas simile. 

Untuk itu dalam blog ini, akan kami bahas secara rinci perihal majas simile. Pembahasan perihal majas simile ini, terbagi atas 2 bab yaitu perihal pengertian majas simile dan perihal contoh majas simile.
Pengertian Majas Simile Dan Contohnya
Majas Simile


Pengertian Majas Simile

Sebelumnya kami bahas dulu asal mula kata simile, dalam bahasa latin kata simile artinya seperti. Sedangkan dalam bahasa melayu simile dikenal dengan perumpamaan, yaitu dua hal yang tidak sama diperbandingkan. 

Karena itulah, sanggup dijelaskan jikalau majas simile yakni majas yang kalimatnya membandingkan antara 2 hal yang berbeda secara hakiki, namun dianggap mengandung segi yang sama/ serupa. Kesamaan atau keserupaan itu dinyatakan secara langsung/ eksplisit/ secara jelas. Untuk menyatakan keserupaan tersebut dilakaukan dengan kata “bagai”, “seperti”, “laksana”, “bak, dan sebagainya. Majas simile dikelompokkan ke dalam majas perbandingan alasannya yakni sifatnya yang membandingkan sesuatu.

Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?


Contoh Majas Simile

Supaya lebih paham perihal majas simile, berikut ini kami berikan beberapa contoh majas simile, silahkan dipahami dengan baik.

Contoh Majas Simile 1
"Rambutnya laksana mayang terurai"
Termasuk majas simile alasannya yakni kata laksana mengumpamakan rambut dengan mayang yang terurai.

Contoh Majas Simile 2
"Persahabatan kita layaknya rantai yang sangat kuat"
Dalam teladan tersebut kata layaknya mengumpamakan antara persahabatan dengan rantai yang sangat kuat. Kaprikornus kalimat tersebut termasuk majas simile.

Contoh Majas Simile 3
"Siswi yang duduk di dingklik itu ibarat bunga yang gres mekar"
Pada teladan kalimat tersebut mengumpamakan antara siswi yang duduk dikursi dengan bunga mawar dengan pilihan kata seperti. Kaprikornus teladan kalimat tersebut termasuk majas simile.

Contoh Majas Simile 4
"Wajahmu bagaikan rembulan yang bersinar terang"
Contoh kalimat tersebut merupakan majas simile alasannya yakni terdapat kata bagaikan yang mengumpamakan wajah dengan rembulan.

Baca juga Artikel: Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya

Semoga klarifikasi yang kami berikan perihal Pengertian Majas Simile dan Contohnya di atas sanggup bermanfaat dan sanggup anda pahami dengan baik.

0 Response to "Pengertian Majas Simile Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel