Pengertian Skala

Tahukah kau apa yang dimaksud skala peta? Itulah yang akan kami bahas kali ini. Skala yaitu salah satu unsur yang terdapat dalam proses pembuatan peta. Dalam skala terdapat rumus khusus yang digunakan dalam menghitung besarnya skala subuah peta. Seperti yang telah diketahui jika peta merupakan suatu yang menggambarkan tempat di permukaan bumi yang diperkecil memakai skala. Daerah yang diperkecil tersebut menjadi sebuah penyajian pada bidang datar berupa peta. Pengecilan tempat tersebut membutuhkan klarifikasi mengenai korelasi matematik antara ukuran geometrik jarak yang terdapat pada permukaan bumi dengan yang ada di peta. Hubungan itulah yang disebut dengan skala peta. Hal inilah yang akan diuraikan dalam pembahasan ini yaitu mengenai Pengertian skala peta dan rumus menghitung skala peta. Silahkan disimak klarifikasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Skala
Skala

Pengertian Skala Peta

Skala peta sanggup diartikan sebagai rasio/ perbandingan antara jarak 2 titik pada peta dengan jarak bahwasanya di lapangan/ di permukaan bumi pada satuan yang sama.Pengertian skala peta yaitu info yang perlu dicantumkan semoga pengguna peta sanggup mengukur jarak bahwasanya pada peta. Sebagai referensi peta dengan skala 1:150.000 itu artinya jarak 1 cm yang ada di peta sama dengan jarak 150.000 cm yang ada di lapangan. Penulisan Skala peta terdapat 2 cara yaitu dengan skala angka atau skala garis.
Lihat Juga : Kumpulan Tema Oppo 

Rumus Menghitung Skala Peta

Untuk menghitung atau memilih besar skala dari suatu peta tentunya ada sebuah rumus yang dipakai. Rumis yang digunakan ini rumus yang sederhan jadi gampang untuk dipahami. Seperti apakah rumusnya? Berikut ini yaitu Rumus untuk menghitung skala peta

Rumus Menentukan Skala Peta
Skala = Jarak pada peta : Jarak sesungguhnya.

Inilah referensi penerapan rumus skala di atas:
Diketahui jarak sebuah kota X dan kota Z pada peta yaitu 2 cm. Jarak Sebenarnya yang diukur di lapangan yaitu 12 km.  Maka Berapakah besar skalanya?
Lihat Juga : Pengertian Tata Surya dan Sistem Tata Surya
Jawab:
Skala Peta = Jarak pada peta / jarak sesungguhnya
Jarak peta= 2 cm
Jarak sesungguhnya 12 km= 1.200.000 cm
Skala = 2 cm / 1.200.000 cm =  1 /  600.000 = 1 : 600.000

Itulah uraian tetang Pengertian Skala. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Skala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel