Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Contoh Teks Eksplanasi

Pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan perihal teks eksplanasi, yaitu sebuah bahan dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas VII Sekolah Menengah Pertama kurikulum 2013. Materi teks eksplanasi ini sejauh pengamatan dari penulis pada kurikulum sebelumnya belum ada dalam buku-buku teks. Selain itu di internet, ketersediaan rujukan mengenai bahan ini juga tergolong minim. Namun faktanya jumlah seruan atau pencari info perihal bahan “teks eksplanasi” di mesin pencari google cukup tinggi.

Maka dari itulah kami akan menguraikan secara rinci perihal Pengertian teks eksplanasi. Mungkin di antara anda ada yang masih galau atau belum tahu apa yang dimaksud teks eksplanasi itu? Silahkan simak saja klarifikasi selengkapnya dalam artikel ini.



Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Contoh Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi


Pengertian Teks Eksplanasi

Apa itu teks eksplanasi? Kata eksplanasi secara etimologi yaitu sebuah istilah yang berasal dari kata dalam bahasa inggris “explanation”. Yang artinya “keterangan” atau “penjelasan”. Secara sederhananya eksplanasi merupakan sebuah teks yang sanggup diartikan sebagai teks yang isinya keterangan atau klarifikasi mengenai suatu hal. Tetapi telah disepakati secara spesifik jika pengertian teks eksplanasi ialah sebuah teks yang isinya uraian mengenai aneka macam fenomena yang ada di sekitar. Dalam teks eksplanasi fenomena yang dijelaskan yaitu ibarat fenomena budaya, fenomena alam, fenomena sosial dan lain-lain. Yang menjadi ciri utama sekaligus fungsi teks eksplanasi yaitu uraian yang diberikan bersifat memperlihatkan keterangan atau klarifikasi perihal sesuatu hal disertai dengan fakta yang ada.



Bagian Bagian Teks Eksplanasi

Sebagai fungsi pendukung tersebut, maka untuk menyusun badan teks eksplanasi terdiri dari bagian-bagian untuk sanggup menjadi sebuah uraian keterangan atau penjelasan. Yang dimaksud bagian-bagian tersebut yaitu: bab pembuka, bab isi, dan bab penutup.
  • Bagian pembuka teks eksplanasi sanggup berisi pernyataan umum dari penulis.
  • Bagian isi teks eksplanasi yaitu berisi klarifikasi mengenai fenomena apa yang sedang diceritakan.
  • Bagian epilog teks eksplanasi yaitu isinya berupa interpretasi dari apa yang telah dijelaskan pada teks.

Sebagaimana yang sudah anda baca dalam uraian di atas, bahan yang kami sampaikan dalam artikel ini hanya membahas perihal pengertian teks eksplanasi. Makara hingga di sini, artinya kita telah memasuki pembahasan mengenai struktur teks eksplanasi. Namun penjelesan perihal struktur teks eksplanasi akan kami berikan dalam artikel selanjutnya.




Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Contoh Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi Fenomena Sosial


Pernyataan umum :

Pengertian dari sampah adalah suatu benda yang telah tidak dimanfaatkan lagi. Keberadaan dari sampah sangat mengganggu kesehatan masyarakat yang berada di sekitarnya. Jenis sampah di bagi menjadi 2 macam yaitu sampah organik dan sampaknon-organik. Sampak organik adalah sampah yang bisa dengan mudah terurai oleh bakteri. Misalnya saja aneka sayuran, daun yang kering, serta berbagai makanan yang sudah bekas. Manfaat yang sangat berguna dari sampak organik yaitu sebagai pupuk kompos atau pupuk bagi tumbuhan. Sedangkan untuk sampah anorganik adalah jenis sampah yang sulit untuk diuraikan. Misalnya saja adalah plastik, botol kaleng dan jenisnya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi keberadaan sampah organik yaitu dengan diolah atau didaur ulang. Benda-benda tersebut bisa dijadikan menajdi barang yang memiliki nilai jual yang amat tinggi.

Runtutan penjelasan sebab akibat

Sampah termasuk di antara fenomena yang  sering kali kita jumpai di sekitar lingkungan masyarakat. Awal mulanya  yaitu sampah-sampah biasa berserakan di sekeliling kita. Akan tetapi sampah itu menimbulkan dampak yang dapat dirasakan. Misalnya tanah longsor, banjir, dan sumber penyakit.

Sampah yang terus diabaikan dan menumpuk bisa menimbulkan sesuatu yang tidak enak.  Sehingga udara di sekitarnya akan tercemar dan menimbulkan berbagai jenis penyakit kronis seperti muntaber dan DBD.

Bahkan sampah juga bisa menimbulkan berbagai bencana yang besar seperti bencana alam, tanah longsor dan banjir. Sampah yang dilempar ke sungai lama-kelamaan bisa membuat sungai menjadi terhambat alirannya. Dan seiring berjalannya waktu air sungai tersebut akan meluap. Hasil dari luapan air sungai ini tentunya akan menyulitkan kita dalam melaksanakan kegitaan dan segala rutinitas.

Interpretasi

Apabila kita memiliki kebiasaan membuang sampah secara sembarangan kedepannya akan banyak sekali dampak yang bisa ditimbulkan. Oleh karena itu, sebagai makhluk sosial dan memiliki keinginan untuk sejahtera Ayolah bersama-sama menjaga lingkungan di sekitar kita.

Diawali dengan suatu hal yang kecil, yaitu  kita membuang sampah di tempatnya. Untuk Jenis sampah organik kita bisa mengolahnya jadi kompos atau pupuk bagi Tumbuhan. Sedangkan untuk sampah non-organik kita bisa mengolahnya kembali menjadi sebuah barang kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Demikian klarifikasi dari kami perihal Pengertian Teks Eksplanasi, biar apa yang kami jelaskan di atas sanggup bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Contoh Teks Eksplanasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel