Pengertian Norma Watak Dan Contohnya

Pengertian Norma Adat dan Contohnya - Tahukah kau apa itu norma adat? Norma sopan santun adalah suatu aturan atau kaidah yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat secara turun temurun yang diyakini sebagai sesuatu yang dinilai baik.

Norma sopan santun sebagai suplemen hkum tertulis, sebab norma sopan santun termasuk dalam aturan yang tidak tertulis. Yang menjadi sumber aturan sopan santun ialah kebiasaan, kepatuhan dan kepantasan yang berkembang dan berlaku di suatu  masyarakat tertentu.

Pertumbuhan norma sopan santun ini tumbuh seiring dengan perkembangan yang ada dalam masyarakat. Orang yang melanggar norma sopan santun akan dikenakan sanksi, sanksinya sanggup berupa dikucilkan dari masyarakat.

Pengertian Norma Watak Dan Contohnya
Norma Watak


Pengertian Norma Watak Dan Contohnya


Norma sopan santun sebagai norma yang berkembang turun-temurun, norma sopan santun juga dijadikan sebagai pegangan hidup yang berjalan dan berlaku. Umumnya masyarakat tidak mau merubah norma sopan santun sebab takut berkurangnya keberuntungan atau juga takut terjadi tragedi yang melanda kehidupan mereka. Umumnya masyarakat yang masih memegang teguh norma adat, hidup dalam masyarakat tradisional.

Berikut ini akan saya jelaskan beberapa wacana referensi norma sopan santun yang ada.

Contoh Norma Adat

Adapun Contoh norma adat yang hingga kini berjalan di Indonesia yaitu Pada orang Batak (Tapanuli) dihentikan melaksanakan ijab kabul yang marganya sama. Kenapa begitu sebab orang batak meyakini ijab kabul dengan marga yang sama itu sama saja ijab kabul dengan sesama saudara. Begitu juga yang terjadi pada masyarakat suku Dayak. Dalam masyarakat suku dayak mewajibkan ijab kabul antarkeluarga yang masih ada dalam satu rumpum suku bangsa yang bersangkutan. Pernikahan tersebut disebut dengan sistem endogami.

Lihat Juga : Pengertian Norma Agama Dan Contohnya


Demikian klarifikasi yang sanggup kami uraian mengenai Pengertian Norma Watak dan Contohnya, biar sanggup memperlihatkan manfaat.

0 Response to "Pengertian Norma Watak Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel