Pengertian Norma Agama Dan Contohnya

Pengertian Norma Agama dan Contohnya – Apa itu norma agama? Bagi yang belum tahu akan kami jelaskan, tetapi sebelum kami menjelaskannya tentunya kita tahu jika setiap insan niscaya mendambakan kehidupan yang damai, tentram dan serasi dalam kehidupannya. 

Dari sinilah peranan-peranan penting sebuah norma untuk meraih tujuan tersebut, salah satunya yaitu norma agama. Apakah pentingnya norma agama itu? Norma agama merupakan norma yang penting yaitu norma yang memperlihatkan kaidah atau aturan yang fungsinya sebagai pedoman, penerang, dan petunjuk insan dalam menjalani kehidupan. 

Petunjuk atau aturan dalam hidup ini bersifat niscaya dan tidak ada rasa-ragu sebab bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Karena itulah maka norma agama sanggup juga disebut bentuk kasih sayang Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia, Tujuannya supaya insan selamat dalam menjalankan hidup di dunia ini hingga di alam abadi kelak. Berikut ini merupakan uraian lebih lanjut mengenai norma agama.


Pengertian Norma Agama dan Contohnya
Norma Agama


Berikut ini ialah klarifikasi secara rinci yang akan saya sampaikan ihwal pengertian norma agamam.



Pengertian Norma Agama

Apa yang dimaksud dengan Norma Agama? Pengertian norma agama adalah kumpulan petunjuk atau kaidah kehidupan yang bersumber eksklusif dari Tuhan  Yang Maha Esa melalui suatu fatwa agama. Penganut suatu fatwa agama dituntut untuk taat mutlak terhadap norma agamanya. Makara norma agama ini mewajibkan penganut suatu agama tertentu untuk mentaati apa saja yang diperitahkan dana apa saja yang tidak boleh agama tersebut. 

Norma agama bersifat mutlak dan tidak sanggup diubah atau ditawar, jadi wajib ditaati bagi penganutnya. Bagi sebagian manusia, meyakini bahwa norma agama merupakan norma yang tertinggi nilainya. Norma agama sering dijadikan sebagai landasan dasar dalam berpikir, berperilaku, dan berbuat untuk mewujudkan kehidupan yang serasi dan selaras. Hal tersebut dikarenakan norma agama mengatur relasi antara insan dengna Tuhan YME, mengatur relasi antara sesama insan dan juga mengatur relasi antara insan dengan makhluk ciptaan Tuhan YME yang lainnya.


Orang yang melanggar norma agama itu berarti orang tersebut menentang pringah dan larangan Tuhan YME. Orang yang melanggar norma agama ini akan memperoleh hukuman yaitu berupa dosa. Dan Akibat pelanggarannya maka akan memperoleh hkuman di Akhirat kelak.

Baca Juga : Pengertian Polimer Termoseting


Contoh Norma Agama

Di dalam kehidupan sehari-hari Contoh norma agama bisa berupa dalam bentuk-bentuk berikut ini:

Menjalankan Ibadah dengan Sebaik-baiknya

Semua pemeluk agama wajib untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dipeluknya. Contohnya umat Islam beribadah di masjid, Umat Katolik beribadah di greja, Umat budha beribadah di wihara dan umat hindu beribadah di pura.


Memberikan tunjangan kepada orang yang kurang mampu

Salah satu contoh norma agama ialah saling membantu. Setiap agama mengajarkan bahwa sikap tolong menolong antar insan itu hukumnya wajib. Orang yang suka memberi tunjangan terhadap orang yang membutuhkan akan memperoleh pahala yang besar dari Tuhan Yang Maha Esa.


Menghindari  dan menjauhi barang memabukkan menyerupai miras, narkoba, dan lain-lain.

Di dalam setiap agama, semua hal yang sanggup memabukkan atau menghilangkan kesadaran niscaya dilarang. Jika seseorang kehilangan kesadaran maka akan gampang terjadi kekacuan. Pastinya hal tersebut sangat bertentangan dengan tujuan norma yaitu untuk ketentraman. Karena itulah maka setiap agama sangat keras melarangnya.


Dilarang merampok, mencuri, bahkan membunuh sesama umat manusia

Setiap agama pastinya mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berbuat baik dan tidak boleh untuk merampok, mencuri bahkan membunuh sesame umat manusia. Orang yang melaksanakan perbuatan yang tidak baik tersebut akan mendapat dosa dan siksaan kelak di akhirat.

Demikian klarifikasi mengenai Pengertian Norma Agama dan contohnya, biar sanggup memperlihatkan manfaat.

0 Response to "Pengertian Norma Agama Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel