Pengertian Virus Apa Itu Virus?

Pengertian Virus - Istilah Virus sering kali dikait-kaitkan dengan banyak sekali macam penyakit yang ditimbulkan, baik itu terhadap manusia, binatang maupun tumbuhan. Virus adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang artinya racun. Pertamakalinya istilah virus ini diperkenalkan oleh Louis Pasteur. Pada peneletian Louis Pasteur memberikan bahwa ada sesuatu yang lebih kecil jikalau dibandingkan dengan basil dan sanggup mengakibatkan penyakit rabies.



Pengertian Virus: Apa Itu Virus?
Virus
Pertama kali virus yang berhasil diungkap yaitu virus yang mengakibatkan penyakit mosaik pada tumbuhan tembakau. Penemu virus tersebut ialah seorang ilmuwan yang berkebangsaaan Rusia (Dimitri Ivanovsky tahun 1892) dan seorang berkebangsaan Belanda (Martinus Beijerinck). Di tahun 1935 seorang ilmuwan berkebangsaan Amerika yang berjulukan Wendell Stanley berhasil mengkristalkan virus yang mengakibatkan penyakit mosaik pada tumbuhan tembakau. Virus yang menyerang tembakau ini selanjutnya diberi nama Tobacco Mosaic Virus (TMV). Tembakau yang terjangkit virus ini akan berbintik-bintik mirip mosaik. Keberhasilan seorang ilmuan Stanley menjadikan pendorong perkembangan ilmu wacana virus atau disebut Virologi.

Sebuah virus sering kali dikaitkan dengan sebuah racun, sehingga banyak orang yang beranggapan kalau virus itu identik dengan sesuatu yang sanggup menciptakan rugi. Contohnya sebuah penyakit. Namun dalam kenyataannya virus tidak hanya merugikan tapi juga sanggup menguntungkan bagi insan yaitu virus sanggup dibentuk vaksin.

Lihat Juga : Pengertian Tubuh Golgi Dan Fungsinya

Ciri-Ciri Virus

Pertama kali virus ditemukan seorang ilmuan berkebangsaan Jerman yang berjulukan Adolf Mayer. Virus juga disebut sebagai mikroorganisme (peralihan antara makhluk hidup dengan makhluk tak hidup). Hal tersebut dikarenakan virus sanggup dikristalkan layaknya makhluk tak hidup dan tidak berbentuk sel namun didalamnya terkandung DNA dan RNA, serta sanggup berkembang biak layaknya makhluk hidup. Ukuran virus sangatlah kecil, yaitu berkisar 20 – 400 nm, alasannya ialah sangat kecil sehingga tidak sanggup dilihat melalui mata telanjang. Perkembangan virus hanya sanggup hidup dan berkembang biak di dalam sel hidup. Hal ini pertanda kalau virus hidup dalam sel makhluk hidup lain sebagai parasit, mirip hidup dalam tumbuhan, manusia, dan hewan. Virus bentuknya majemuk ada yang bulat, batang, dan ada juga yang berbentuk T.

Demikian klarifikasi tentang  Pengertian Virus, sekaran sudah tahu kan Apa itu Virus: dan Ciri-ciri Virus?, biar klarifikasi tersebut sanggup menawarkan manfaat.

0 Response to "Pengertian Virus Apa Itu Virus?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel