Pengertian Majas Personifikasi Dan Contohnya

Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya – Majas personifikasi merupakan salah satu majas yang kita kenal dari sekian banyaknya majas. Namun tahukah kau apa itu majas personifikasi?.  Kami meyakini bahwa anda yang pernah sekolah atau sedang sekolah pernah menjumpai soal yang berkaitan dengan majas personifikasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Walaupun begitu, tapi kenyataannya diantara kita masih banyak yang kurang memahami bahkan belum memahami dengan baik perihal apa yang dimaksud majas personifikasi itu. Maka dari itulah, pada pembahasan kali ini akan menjelaskan secara rinci perihal apa yang dimaksud majas personifikasi. Dalam klarifikasi yang akan kami berikan ini terbagi menjadi 2 bab yaitu pengertian majas personifikasi yang merupakan bab pertama dan referensi majas personifikasi yang merupakan bab kedua.

Pengertian Majas Personifikasi Dan Contohnya
Majas Personifikasi


Pengertian Majas Personifikasi

Pengertian Majas Personifikasi ialah sebuah majas yang mengenakan sifat-sifat manusiawi (insani) terhadap sebuah benda mati sehingga menciptakan benda mati tersebut seakan-akan memiliki sifat mirip benda hidup. Yang menjadi ciri khas majas personifikasi yaitu terdapat pilihan kata yang melekatkan sifat insan terhadap benda mati sehingga menjadi seolah hidup. Selain itu majas personifikasi juga memiliki gaya bahasa perbandingan yaitu membandingkan benda tidak sanggup bergerak atau benda mati sehingga tampak mirip bergerak atau tampak hidup dan sanggup berperilaku mirip makhluk hidup/ manusia.

Karena itulah maka majas personifikasi dikelompokkan ke dalam majas perbandingan. Fungsi dari majas personifikasi yaitu untuk memperlihatkan citraan atau bayangan angan yang faktual dan memperlihatkan gambaran perihal situasi yang dilukiskan yang lebih jelas. Di dalam banyak jenis karya sastra mirip puisi, cerpen, lagu dan lain-lain penggunaan majas personifikasi banyak ditemukan di dalamnya.


Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?
 

Contoh Majas Personifikasi

Sebagai pemanis dalam pemahaman perihal majas personifikasi, maka anda perlu memperhatikan referensi kalimat di bawah ini:

Contoh ke-1:
"Di malam hari angin berbisik memberikan salamku kepada dirinya"
Angin diibaratkan sanggup berbisik mirip mirip manusia.

Contoh ke-2:
"Ranting-ranting menari mengikuti alunan musik"
Kata menari-nari merupakan sikap insan jadi ranting-ranting itu diibaratkan mirip insan yang sanggup menari-nari.

Lihat Juga : Pengertian Majas: Apa Itu Majas

Contoh ke-3:
"Bulan mengintip dibalik awan di malam itu"
Kata mengintip pada bulan diibaratkan bulan bersifat mirip manusia.

Contoh ke-4:
"Di pagi hari padi menunduk memperlihatkan salam"
Kata menunduk padi, padi diibaratkan bersifat mirip insan yang sanggup menyapa/ memberi salam.

Demikian klarifikasi yang sanggup kami bagikan kepada anda perihal Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya. Semoga klarifikasi di atas sanggup menambah pengetahuan anda.

0 Response to "Pengertian Majas Personifikasi Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel