Pengertian Potensial Listrik

Pengertian potensial listrik - Apa itu potensial listrik? Mungkin kalian ada yang sudah tahu apa arti potensial listrik, namun tak jarang juga di antara kalian ada yang masih belum tahu perihal apa yang dimaksud potensial listrik.

Untuk itu bagi kalian yang masih belum tahu atau belum paham perihal apa yang dimaksud dengan potensial listrik. Maka di sini kami akan menawarkan definisi potensial listrik. Selain menjelaskan arti potensial listrik juga kami berikan rumus potensial listrik dan juga pola soal potensial listrik biar kalian lebih memahaminya. Berikut ini silahkan di simak arti dari potensial listrik dan rumus potensial listrik beserta pola soalnya.

Pengertian Potensial Listrik
Potensial Listrik

Pengertian Potensial Listrik

Potensial listrik adalah banyaknya muatan yang terdapat dalam suatu benda. Beda potensial listrik (tegangan) timbul alasannya dua benda yang mempunyai potensial listrik berbeda dihubungkan oleh suatu penghantar. Beda potensial ini berfungsi untuk mengalirkan muatan dari satu titik ke titik lainnya.

Atau sanggup didefinisikan bahwa potensial listrik yaitu perjuangan yang diharapkan untuk memindahkan muatan postitif sebesar 1 satuan dari kawasan yang tak terhingga ke sebuah titik tertentu. Bisa pula potensial listrik diartikan sebagai sebuah energi potensial listrik per satuan muatan penguji.

Sebuah elektron tidak akan mungkin sanggup bergerak dengan sendiri dari plat A menuju ke plat B. Elektron secara alami akan bergerak mendekati muatan + serta menjauhi muatan - , jadi untuk menggerakkan dengan arah yang sebaliknya diharapkan sebuah usaha.
Pengertian Potensial Listrik

Lihat Juga : Pengertian Listrik Dinamis Dan Contohnya

Rumus Potensial Listrik

Usaha yang diharapkan untuk memindahkan sebuah muatan dari titik B ke titik A per satuan muatan disebut dengan potensial listrik. Sehingga Rumus potensial listrik yaitu dengan persamaan sebagai berikut ini:

Pengertian Potensial Listrik

Keterangan:
V = Potensial listrik ( Volt )
W = Usaha (J)
Q = Muatan listrik (C)

Potensial listrik sebesar 1 Volt antara 2 titik apabila diharapkan perjuangan 1 Joule untuk memindahkan muatan 1 Coulumb antara dua titik tersebut.

Pengertian Potensial Listrik

Contoh Soal Potensial Listrik

Berikut ini kami berikan pola soal potensial listrik dan pembahasannya biar kalian sanggup lebih memahaminya.

Lihat Juga : Pengertian Medan Listrik

Untuk sanggup memindahkan muatan sebesar 10 C dari titik A ke titik B diharapkan perjuangan sebesar 200 Joule hitunglah potensial AB tersebut!

Pembahasan
Diketahui:
Q = 10 C
W = 200 Joule

Ditanyakan: V = …?

Jawaban:
V = W / Q
    = 200 Joule /10C
    = 20 J/C
    = 20 volt

Demikianlah klarifikasi yang sanggup kami berikan perihal apa pengertian potensial listrik, semoga klarifikasi di blog ex ready ini sanggup menambah pengetahuan kita.

0 Response to "Pengertian Potensial Listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel