Pengertian Majas Litotes Dan Contohnya

Pengertian Majas Litotes dan Contohnya – Majas merupakan bahan yang pernah diajarkan di sekolah yaitu dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu jenis majas yang di ajarkan ketika sekolah yaitu majas litotes. Majas litotes ini memiliki fungsi menyerupai pada umumnya majas yaitu untuk memperindah sebuah karya sastra dengan menghadirkan suatu bentuk retoris sebagai unsur gaya bahasa yang digunakan dalam pembuatan sebuah karya sastra. 

Walaupun fungsinya sama untuk memperindah karya sastra namun majas litotes pastinya memiliki perbedaan dengan majas yang lain, yaitu pada ketika akan diterapkan pada kalimat. Supaya kita tidak salah dalam menerapkan majas litotes sebuah dalam kalimat kita perlu mengetahui wacana majas litotes. Karena itulah maka blog akan membagikan klarifikasi secara rinci wacana majas litotes. Pembahasan majas litotes ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu pengertian majas litotes dan contoh-contoh penerapan majas litotes.


Pengertian Majas Litotes Dan Contohnya
Majas Litotes


Pengertian Majas Litotes

Majas litotes adalah majas yang menggambarkan keadaan dengan kata yang artinya berlawanan dengan keadaan yang bekerjsama (kenyataannya) tujuannya yaitu untuk merendahkan diri, tetapi  maksudnya untuk meninggikan. Dengan kata lain majas litotes yaitu majas yang mengecilkan keadaan yang bekerjsama terjadi atau mengecilkan suatu hal yang positif menjadi hal yang negatif. Majas litotes di dalam pengungkapannya yaitu melemahkan atau mengurangi kenyataan yang sebetulnya terjadi. litotes sanggup juga memiliki arti sebagai ungkapan yang berupa mengecilkan sebuah fakta dengan tujuan untuk menghaluskan atau menjaga kesopanan.

Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?



Contoh Majas Litotes

Untuk lebih memahami wacana majas litotes, anda perlu memahami beberapa contoh majas litotes berikut ini:

Contoh Majas Litotes ke-1
“Sebagai seorang bupati honor aku hanya cukup untuk makan saja”
Pada teladan kalimat tersebut merupakan majas litotes (merendah), pada kenyataannya honor seorang bupati cukup besar.

Contoh Majas Litotes ke-2
“Yang sanggup kami perjuangkan hanya setitik air dalam luasnya samudra”
Kata “setitik air dalam luasnya samudra” dalam teladan kalimat tersebut merupakan kata yang direndahkan dengan kenyataan yang bekerjsama (litotes).

Contoh Majas Litotes ke-3
“hanya teh hambar dan makan kampung saja yang sanggup kami suguhkan”
Dalam teladan kalimat tersebut kata “hanya” berarti merendahkan (litotes), tentunya sudah luar biasa jikalau kita telah disuguhi teh dan juga makanan.

Contoh Majas Litotes ke-4
“Jika kau ada waktu silahkan mampir saja ke gubukku”
Pada teladan tersebut terdapat kata “gubuk” (kata yang merendah/ litotes), yang dalam kenyataan nya tersebut gubuk yaitu rumah.

Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa Itu Majas
 
Demikian apa yang sanggup kami jelaskan wacana Pengertian Majas Litotes dan Contohnya, supaya apa yang aku jelaskan sanggup dipahami dengan baik.

0 Response to "Pengertian Majas Litotes Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel